cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Tips mengatasi error HCNetSDK.dll[91] pada IVMS 4200 Gui versi 3.x

A. Permasalahan dan solusinya.

Ketika menggunakan IVMS 4200 ada kalanya dijumpai pesan kesalahan Error code: HCNetSDK.dll[91] sebagai berikut:


Beberapa waktu yang lalu pernah dibahas mengenai Tips Mengatasi Pesan Kesalahan Reconnecting. Error Code HCNETSDK.dll[91] pada IVMS 4200. Namun pada artikel pembahasan tersebut masih menggunakan IVMS 4200 GUI versi 2.x Jika langkahnya diterapkan pada IVMS 4200 GUI v3.x (tergantung GUI versi 3 nya) maka ada kemungkinan pengaturan untuk mengatasi masalah tersebut tidak dapat ditemukan. Oleh karena itu maka pada tulisan kali ini akan dibahas dimana letak setting tersebut dapat ditemukan sesuai dengan IVMS GUI v3.x yang digunakan.

Bagi pembaca yang kebetulan mengalami pesan kesalahan di atas, untuk mengatasinya, pada pengaturan IVMS 4200 perlu di nonaktifkan pengaturan Auto Change Stream Type.Nah yang menjadi permasalahan sekarang adalah dimanakah pengaturan Auto Change Stream Type ini dapat ditemukan. Beberapa IVMS-4200 GUI v3.x mempunyai lokasi yang berbeda untuk pengaturan ini dan untuk menjelaskan hal tersebutlah artikel ini dibuat.

 

 

B. Pengaturan pada IVMS 4200 GUI v3.1.0.7 atau IVMS 4200 GUI v3.x yang lebih rendah.

Bagi pengguna yang kebetulan menggunakan IVMS 4200 GUI v3.1.0.7 atau IVMS 4200 GUI v3.x yang lebih rendah pengaturan Auto Change Stream Type dapat ditemukan pada: Maintenance and Management – System Configuration – Image – Auto-change Stream Type DI DISABLE. Seingat penulis, IVMS 4200 GUI v3.1.0.7 adalah versi terakhir sebelum pengaturan Auto Change Stream Type akhirnya berpindah tempat. Berikut adalah versi dan letak pengaturannya:

 

 

C. Pengaturan pada IVMS 4200 GUI v3.2.0.10 atau yang lebih tinggi.

Berdasarkan beberapa versi IVMS 4200 GUI v3.X yang pernah penulis coba, versi 3.2.0.10 atau yang lebih tinggi, pengaturan Auto Change Stream Type telah berpindah tempat. Screenshot dibawah ini memperlihatkan bahwa pengaturan Auto Change Stream Type sudah tidak dapat ditemukan lagi di tempat yang sama dengan versi sebelumnya. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini adalah IVMS 4200 GUI v3.0.2.10, pengaturan Auto Change Stream Type sudah tidak dapat ditemukan pada Maintenance and Management – System Configuration – Image.


Pada IVMS 4200 GUI v3.0.2.10 pengaturan Auto ChangevStream Type dapat ditemukan pada Main View – Resource – My Device – Klik pada kamera terkait – Stream – Auto Change Stream Type DIGANTI MENJADI SUBvSTREAM. Berikut adalah screenshot yang menggambarkan posisi pengaturan tersebut:


Sama halnya juga dengan IVMS 4200 GUI v3.9.1.4, pengaturan Auto Change Stream Type sudah tidak dapat ditemukan pada Maintenance and Management – System Configuration – Image. Seperti pada screenshot dibawah ini:


Pada IVMS 4200 GUI v3.9.1.4 pengaturan Auto ChangevStream Type dapat ditemukan pada Main View – Resource – My Device – Klik pada kamera terkait – Stream – Auto Change Stream Type diganti menjadi substream. Berikut adalah screenshot yang menggambarkan posisi pengaturan tersebut:


Demikainlah pembahasan singkat beserta screenshotnya dimana letak pengaturan Auto Change Stream Type pada beberapa IVMS 4200 GUI versi 3.x. Semoga tulisan singkat ini dapat membantu para pembaca sekalian yang kebetulan mengalami hal yang sama.



Bagaimana Cara Hitung Lama Backup UPS ( Uninterruptible Power Supply )

Menuruti Perkembangan Zaman Hikvision Juga Mengeluarkan Uninterupt Power Supply ( UPS ) Yang Di Gunakan Untuk Untuk Membackup Power Saat Terjadi Pemadaman Listrik, Ada Beberapa Daya Yang Di Keluarkan Untuk UPS Hikvision Ini Mulai Dari 600VA, 1000VA, 2000VA, Bagaimana Cara Kita Mengetahuai Lama Waktu Yang Bisa Di Backup Oleh UPS Hikvision. 


Ketika mirroring recorder menyebabkan Hik Connect mengeluarkan error message Video playing failed. Error Code: (246106)

Pada tulisan sebelumnya, yang berjudul Tips mengatasi error message Video playing failed. Error Code: (246106) pada Hik Connect, telah d bahas mengenai penyebab dan cara mengatasi Hik Connect mengeluarkan Error code 246106.Nah beberapa waktu lalu penulis alami Hik Connect mengeluarkan pesan kesalahan yang sama, seperti screenshot berikut:


Akan tetapi ciri cirinya sedikit  berbeda dan terjadi pada DVR. Berikut adalah ciri ciri yang terlihat pada saat pesan ini muncul sebagai berikut:
1. Pada GUI DVR ketika di cek status nya online.
2. Koneksi internet tampak berjalan lancar terbukti dengan (baca syarat berikutnya).
3. Proses adding DVR dari hikconnect (pakai koneksi internet dari ponsel) dengan scan cara ponsel melakukan barcode dari monitor terhubung NVR (pakai koneksi internet berbeda dari ponsel) sukses. Ciri ini menandakan DVR dan ponsel dalam kondisi online dengan ISP masing masing.
4. Liveview all channel dari DVR statusnya normal (disini letak bedanya dengan pembahasan pada artikel sebelumya).

Ciri ini muncul ketika dilakukan mirroring liveview antar DVR, berikut adalah topologinya:


Seperti yang terlihat pada topologi di atas DVR 1 terhubung ke kamera analog dan ke switch. Switch kemudian terhubung masing masing ke:
1. Router untuk koneksi internet yang dapat di akses via smartphone dengan Hik Connect
2. DVR 2 yang melakukan mirror liveview semua kamera analog yang terhubung pada DVR 1.

Pada kondisi topologi seperti ini live view lokal pada kedua DVR berjalan normal, namun permasalahan muncul ketika smartphone yang menjalankan aplikasi Hik Connect digunakan untuk melakukan live view maka akan muncul pesan kesalahan Video playing failed. Error Code: (246106) pada Hik Connect.

Ada 2 alternatif untuk mengatasi masalah ini:
1. Jika ada kebutuhan untuk melakukan mirroring maka perlu dicarikan semua perangkat yang cocok untuk melakukan kebutuhan tersebut, dalam arti perangkat yang digunakan saat ini tidak sesuai untuk solusi mirroring.
2. Jika tidak ada kebutuhan mirroring maka DVR 2 dan monitor 2 dapat dikeluarkan dari topologi jaringan sehingga live view pada smartphone yang menjalankan Hik Connect dapat berjalan normal.

Berikut adalah topologi setelah DVR2 dan monitor 2 di keluarkan dari topologi dan live view pada smartphone yang menjalankan Hik Connect berjalan normal kembali:


Jadi demikianlah pembahasan kali ini, semoga tulisan singkat kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.



Page 1 of 47